• LEMBAGA PENJAMINAN MUTU
  • UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Ini Harapan Guru Besar UIN Banten kepada Menteri Agama Baru

 

Ada harapan besar di pundak menteri agama (menag) baru Yaqut Cholil Qoumas yang ditunjuk Presiden Joko Widodo menggantikan Fachrul Razi.

Seperti yang disampaikan Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin Banten Prof. Dr. H Wawan Wahyuddin, M.Pd. Prof. Wawan menaruh harapan besar kepada menag baru yang saat ditunjuk masih menjabat sebagai Ketua Umum GP Ansor.

“Harapannya dengan menag baru urusan guru besar rumpun Pendidikan Agama Islam (PAI) agar dipercepat penanganannya  untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM) di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam,” kata Prof. Wawan, Selasa (22/12/2020).

Lalu, Kemenag dibawah menag baru juga agar dapat mempercepat operasional  Universitas Islam Indonesia Internasional (UIII). “Hal itu penting agar kampus ini dapat melahirkan cendekiawan muslim yang handal,” tegasnya.

Prof. Wawan juga berharap menag baru bersama dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, dan Menteri Dalam Negeri mengupayakan lahirnya surat keputusan bersama (SKB) untuk perlindungan eksistensi madrasah swasta di seluruh Indonesia.

“Hal lainnya yang juga harus dilakukan adalah penguatan moderasi beragama untuk menjaga pluralisme sebagai sunnatullah dan menjadi garda terdepan dalam pemberantasan korupsi,” ujarnya.

Prof. Wawan menambahkan, masih ada pekerjaan rumah menag baru. Yaitu mengupayakan pembangunan asrama haji di setiap provinsi termasuk di Provinsi Banten. Hal itu untuk mempermudah pelayanan jamaah haji di masing-masing provinsi.

“Sudah saatnya setiap provinsi termasuk Banten ini memiliki asrama haji. Sebab selama ini jamaah haji Banten bolak-balik Jakarta-Banten. Berangkat ke asrama haji di Pondok Gede, Jakarta, lalu balik lagi ke Bandara Soekarno-Hatta yang ada di Tangerang, Banten. Itu kan kurang efektif,” pungkasnya. (fbn2)

Sumber : https://fajarbarunews.com/fajar-daerah/serang-raya/ini-harapan-guru-besar-uin-banten-kepada-menteri-agama-baru/

 

Tulisan Lainnya
Pendampingan Akreditasi MPI Program Pascasarjana UIN SMH Banten

lpm.uinbanten.ac.id, Serang - Sehubungan dengan optimalisasi Asesmen Lapangan (AL), Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten melalui pendam

28/06/2022 21:29 - Oleh admin - Dilihat 15 kali
Penyusunan Dokumen Standar Mutu UIN SMH Banten

lpm.uinbanten.ac.id, Bogor - Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten mengadakan kegiatan “Penyusunan Dokumen Standar Mutu UIN Sultan Maul

28/06/2022 11:17 - Oleh admin - Dilihat 20 kali
LPM UIN Banten Benchmarking Ke UINSA

lpm.uinbanten.ac.id, Surabaya - Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin Banten melakukan benchmarking ke Universitas Islam Negeri Sunan Am

27/06/2022 10:30 - Oleh admin - Dilihat 35 kali
Jadwal RBKD dan EBKD Semester Gasal 2020/2021

Jadwal Rencana Beban Kerja Dosen (RBKD), Laporan Beban Kerja Dosen serta SKR Semester Ganjil 2020/2021 Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten.

27/01/2021 15:53 - Oleh admin - Dilihat 623 kali
Pendampingan Assessment Lapangan Daring Prodi PGMI

Kegiatan pendampingan assessment lapangan daring dimaksudkan untuk memfasilitasi program studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) agar lebih siap dalam menghadapi 

25/12/2020 06:19 - Oleh admin - Dilihat 252 kali