• LEMBAGA PENJAMINAN MUTU
  • UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Manajemen Pesantren

OLEH: PROF. DR. H. WAWAN WAHYUDDIN, M.Pd
Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Universitas Islam Negeri  Sultan Maulana Hasanuddin (UIN SMH) Banten
 

Pondok pesantren (ponpes) merupakan sistem pendidikan tertua di Indonesia dan kontribusinya dalam membentuk karakter bangsa cukup signifikan.

Keberhasilan ponpes selain ada figur sentral yang dikenal dengan kiai sebagai komando juga karena terintegrasinya antara pendidikan dan kebudayaan serta terintegrasinya antara kognitif, afektif, dan psikomotorik berbingkai keteladanan.

Kini ponpes tidak saja berkutat di level SLTA semata namun juga menjadi daya tarik tersendiri bagi Perguruan Tinggi yang dikenal dengan nama Ma’had Aljamiah yang secara struktur berada di kewenangan Direktorat Pendidikan Tinggi Islam (Dirdiktis) Ditjen Pendidikan Islam (Pendis) Kemenag RI.  Lain halnya dengan Ma’had Aly yang kewenanganya ada di Direktorat Pondok Pesantren (Pontren) Kemenag RI.

Untuk menguatkan keberadaan ma’had tersebut di pengujung tahun 2020 tepatnya tanggal 31 Desember 2020 digelar urun rembug lanjutan tingkat nasional yang dihadiri Direktur Diktis, Kasubdit, para direktur ma’had, para wakil rektor I dan wakil rektor III UIN membahas posisi ma’had mendatang.

Di antara tatakelola ma’had tersebut banyak saran dan masukan dalam hal restrukturisasi pengelolaan yang semula  berada di kisaran UPT ke depan diupayakan ditingkatkan tatakelolanya sebagaimana pengelolaan program pascasarjana langsung di bawah rektor.

Dalam hal kurikulum penekanannya pada penguatan bahasa dan dirosah islamyah dengan tenaga pendidiknya selain dosen juga bisa memberdayakan alumni ponpes yang berkualifikasi mampu menguasai kitab kuning.

Keberadaan ma’had ini tidak serta mengubah administrasi kelulusan yang sudah berlaku di Perguruan Tinggi penyelenggara.

Ke depan ma’had ini bisa memperkuat roda perekonomian santri dengan wiraswastanya dari santri, oleh santri, dan untuk santri.

Pihak Kemenag RI ke depan sedang menyiapkan modul untuk tatakelola ma’had dengan tetap mengakomodasi pola dan potensi yang sudah berjalan seperti di UIN SMH Banten.

Selain berdiri ma’had walau belum bisa mengakomodasi seluruh mahasiswa ada juga yang disebut kampung santri sebagai sebuah inovasi terobosan.

Di tengah keterbatasan sarana prasarana dan pendanaan bisa berkolaborasi dengan  kelurahan yang siap dijadikan kampung santri dengan menempatkan para santri di kosan pemilik warga yang berdomisili di kampung tersebut.

Hal itu juga bisa berdampak peningkatan ekonomi di tengah pandemi karena semula kosan kosong menjadi ramai termasuk warung-warung yang semula sepi berubah berkah karena ramai pembeli. Pembelinya itulah para mahasantri UIN SMH Banten.

Di IAIN Purwokerto dan IAIN Tulungagung sudah bagus dengan cara bersinergi dengan ponpes yang ada di sekitar kampus untuk saling menghidupkan dan bernilai rohmatan lil alamin. Wallahu a’lam. (*)

Sumber : https://fajarbarunews.com/fitur/pendidikan-dan-iptek/manajemen-pesantren/

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Jadwal RBKD dan EBKD Semester Gasal 2020/2021

Jadwal Rencana Beban Kerja Dosen (RBKD), Laporan Beban Kerja Dosen serta SKR Semester Ganjil 2020/2021 Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten.

27/01/2021 15:53 - Oleh admin - Dilihat 290 kali
Perpanjangan Jadwal EBKD dan RBKD Semester Gasal 2020/2021

Perpanjangan Jadwal Pengisian EBKD dan RBKD Semester Gasal 2020/2021 Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten

27/01/2021 15:37 - Oleh admin - Dilihat 179 kali
UIN Banten Tambah Prodi TERAKREDITASI A

Alhamdulillah... Puji syukur dihaturkan kepada Allah SWT di penghujung tahun 2020 beberapa program studi di UIN Banten memperoleh akreditasi A (Unggul). Adapun program studi yang di mak

07/01/2021 12:34 - Oleh admin - Dilihat 2115 kali
Kado HAB ke-75 Kemenag

OLEH: PROF. DR. H. WAWAN WAHYUDDIN, M.PD Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UIN Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten   Indonesia rukun itulah tema besar yang di

06/01/2021 14:02 - Oleh admin - Dilihat 188 kali
Hari Amal Bakti ke-75 Kemenag

OLEH: PROF. DR. H. WAWAN WAHYUDDIN, M.Pd Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UIN SMH Banten   Tanggal 3 Januari 2021 usia Kementerian Agama (Kemenag) memasuki usia

03/01/2021 09:13 - Oleh admin - Dilihat 177 kali
Pendampingan Assessment Lapangan Daring Prodi PGMI

Kegiatan pendampingan assessment lapangan daring dimaksudkan untuk memfasilitasi program studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) agar lebih siap dalam menghadapi 

25/12/2020 06:19 - Oleh admin - Dilihat 88 kali
Ini Harapan Guru Besar UIN Banten kepada Menteri Agama Baru

  Ada harapan besar di pundak menteri agama (menag) baru Yaqut Cholil Qoumas yang ditunjuk Presiden Joko Widodo menggantikan Fachrul Razi. Seperti yang disampaikan Guru Besar Unive

22/12/2020 09:05 - Oleh admin - Dilihat 143 kali