• LEMBAGA PENJAMINAN MUTU
  • UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Kado HAB ke-75 Kemenag

OLEH: PROF. DR. H. WAWAN WAHYUDDIN, M.PD
Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UIN Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten

 

Indonesia rukun itulah tema besar yang diusung pada peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-75 Kementerian Agama (Kemenag) tahun 2021.

Ada tiga kerukunan yang mesti dijaga yang dikenal dengan trilogi kerukunan yakni kerukunan intern umat beragama, antar umat beragama, dan umat beragama dengan pemerintah.

Trilogi kerukunan itu bila terus bersinergi akan berdampak pada kekuatan energi kebangkitan bagi bangsa meskipun dihadapkan dengan pandemi sekalipun.

Untuk menciptakan trilogi dimaksud pihak Kemenag memberikan kadonya dalam bentuk trilogi program berupa:

Pertama, manajemen pelayan dan tatakelola birokrasi yang harus semakin baik, termasuk di dalamnya pelayanan penyelenggaraan haji dan umrah, pendidikan agama dan keagamaan, serta pusat pelayanan keagamaan.

Kedua, penguatan moderasi beragama, salah satu penekanan moderasi beragama adalah pada penguatan literasi keagamaan, budaya toleransi, dan nilai-nilai kebangsaan.

Ketiga, persaudaraan yang meliputi merawat persaudaraan seagama, memelihara pesaudaraan sebangsa dan se-tanah air, dan mengembangkan persaudaraan kemanusiaan.

Tawaran solutif di era pandemi untuk bisa tetap rukun mari bersama kita kembangkan silih asah, silih asih, dan silih asuh.

Agar terwujud silih asah asih asuh hendaknya kita berhati-hati dan waspada dengan medsos yang akhir-akhir ini banyak menelan korban baik korban perasaan, jiwa, harta bahkan nyawa.

Allah SWT dengan tegas mengingatkan kepada kita agar cerdas. Bila mendapat info di medsos mesti diklarifikasi terlebih dahulu seraya ingat akan semua gerak anggota tubuh akan dimintai pertanggung jawaban kelak. Tidak semata di akhirat di dunia inipun sudah banyak yang terjebak.

Selain perlu kehati-hatian dalam bermedsos untuk menjaga kerukunan hindari minimnya referensi literasi keagamaan terlebih bila sebatas bersandar ke mbah Google atau WA yang bisa berdampak mudah mengklaim serta menyalahkan bahkan memvonis sepihak.

Saling doa dan mendoakan juga bagian yang tidak kalah pentingnya di situasi pandemi in.i Penuh harap semoga kita semua senantiasa dibimbing oleh Allah SWT, diberi sehat dan terus berbakti untuk keluarga kita, bangsa, dan negara kita tercinta. Wallahu a lam. (*)

 

Sumber : https://fajarbarunews.com/fitur/opini/kado-hab-ke-75-kemenag/

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Jadwal RBKD dan EBKD Semester Gasal 2020/2021

Jadwal Rencana Beban Kerja Dosen (RBKD), Laporan Beban Kerja Dosen serta SKR Semester Ganjil 2020/2021 Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten.

27/01/2021 15:53 - Oleh admin - Dilihat 209 kali
Perpanjangan Jadwal EBKD dan RBKD Semester Gasal 2020/2021

Perpanjangan Jadwal Pengisian EBKD dan RBKD Semester Gasal 2020/2021 Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten

27/01/2021 15:37 - Oleh admin - Dilihat 123 kali
UIN Banten Tambah Prodi TERAKREDITASI A

Alhamdulillah... Puji syukur dihaturkan kepada Allah SWT di penghujung tahun 2020 beberapa program studi di UIN Banten memperoleh akreditasi A (Unggul). Adapun program studi yang di mak

07/01/2021 12:34 - Oleh admin - Dilihat 1596 kali
Hari Amal Bakti ke-75 Kemenag

OLEH: PROF. DR. H. WAWAN WAHYUDDIN, M.Pd Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UIN SMH Banten   Tanggal 3 Januari 2021 usia Kementerian Agama (Kemenag) memasuki usia

03/01/2021 09:13 - Oleh admin - Dilihat 126 kali
Manajemen Pesantren

OLEH: PROF. DR. H. WAWAN WAHYUDDIN, M.Pd Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Universitas Islam Negeri  Sultan Maulana Hasanuddin (UIN SMH) Banten   Pondok pes

31/12/2020 17:50 - Oleh admin - Dilihat 119 kali
Pendampingan Assessment Lapangan Daring Prodi PGMI

Kegiatan pendampingan assessment lapangan daring dimaksudkan untuk memfasilitasi program studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) agar lebih siap dalam menghadapi 

25/12/2020 06:19 - Oleh admin - Dilihat 50 kali
Ini Harapan Guru Besar UIN Banten kepada Menteri Agama Baru

  Ada harapan besar di pundak menteri agama (menag) baru Yaqut Cholil Qoumas yang ditunjuk Presiden Joko Widodo menggantikan Fachrul Razi. Seperti yang disampaikan Guru Besar Unive

22/12/2020 09:05 - Oleh admin - Dilihat 117 kali